HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 13 KABILA KECAMATAN KABILA KABUPATEN BONE BOLANGO

M. Anas Anasiru, Misnati Misnati, Ni Nengah Puspawati

Abstract


ABSTRACT

Learning achievement is the mastery of knowledge or skills developed through the subjects, embodied in the form of values or numbers. Learning achievement that is displayed with the scores or numbers created by teachers based on assessment guidelines on each student is different, based on the level of mastery of the competencies that have been set. The problem studied is whether breakfast has an influence on student achievement in school. This study aims to determine the relationship between Breakfast Habits and Student Achievement in State Elementary School Number 13 Kabila District of Kabila Bone Bolango Regency. The research method is analytic survey with cross-sectional survey design. The population is 102 students enrolled in SDN 13 Kabila.Samples are taken from class III, IV and V, using simple random sampling. Independent variable is breakfast habit and the dependent variable is student achievement in school. Data collection is done by using questionnaire.Data analysis method is "Chi-Square (X2)." The result of statistic test obtained by the researcher found that X2 count was bigger than X2 table (10,935> 9,488). Where Ha is accepted and Ho is rejected. Conclusion: there is Relationship between Breakfast Habit and Student Achievement at State Elementary School 13 Kabila Sub District Kabila of Bone Bolango Regency.

Keywords: Breakfast Habit, Learning Achievement, Student

ABSTRAK

Prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan melalui mata pelajaran, diwujudkan dalam bentuk nilai atau angka. Prestasi belajar yang ditampilkan dengan nilai atau angka dibuat guru berdasarkan pedoman penilaian pada masing-masing siswa berbeda, berdasarkan tingkat penguasaan kompetensi yang telah ditetapkan. Permasalahan yang dikaji adalah apakah sarapan memiliki pengaruh dengan prestasi belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Kebiasaan Sarapan Dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 13 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan survei analitik dengan rancangan survey cross sectional. Populasi sebanyak 102 siswa yang terdaftar di SDN 13 Kabila sampel yang diambil dari kelas III, IV dan V, menggunakan simple random sampling. Variabel bebas yaitu kebiasaan sarapan dan variabel terikat yaitu prestasi belajar siswa di sekolah Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan “ Chi Square (X2).” Hasil uji statistik yang diperoleh peneliti didapatkan bahwa X2 hitung ternyata lebih besar dari X2 tabel ( 10,935 > 9,488). Dimana Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat Hubungan Kebiasaan Sarapan dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri 13 Kabila Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango

Kata Kunci: Kebiasaan Sarapan, Prestasi Belajar, Siswa

Keywords


Kebiasaan Sarapan; Prestasi Belajar; Siswa

Full Text:

PDF

References


Arijanto, dkk, 2008, Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Dengan Prestasi Belajar Yang Dicapai Dalam Bidang IPA, IPS, OLAHRAGA, Total Nilai Dan Daya Ingat Pada Siswa Kelas VI SDN Pranti Kec. Sedati Kab. Sidoarjo , http://adln.lib.unair.ac.id. Diakses pada tanggal 30 April 2015

Azwar, 2003, Metodologi Penelitian Kedokterab Dan Kesehatan Masyarakat, Binarupa Aksara, Batam Darmayanti, 2006, Hidup Sehat Gizi Seimbang Dalam Siklus Kehidupan Manusia, PT Piramida pustaka, Jakarta

Fajar, dkk, 2012, Ilmu Gizi Untuk Praktisi Kesehatan, Graha Ilmu:Malang Hamdu, dkk, 2011, Kebiasaan Makan Pagi Pada Anak Usia Sd Dan Hubungannya Dengan Tingkat Kesehatan Dan Prestasi Belajar, http://uap.unnes.ac.id, Diakses pada tanggal 30 April 2015

Imron, 2011, Statistika Kesehatan, CVA Sagung Seto, Jakarta

Junaidi, 2014, Hubungan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Siswa Di Sekolah, http://journal.unair.ac.id, Diakses pada tanggal 22 juni 2016

Kurniawati, 2015, Hubungan Kebiasaan Makan Pagi Dan Keaktifan Di Sekolah Dengan Status Gizi Pada Anak Di Paud Sekar Nagari Universitas Negeri Semarang, http://uap.unnes.ac.id, Diakses pada tanggal 30 April 2015

Lestari, 2012, Hubungan Antara Makan Pagi Dengan Kemampuan Konsentrasi Belajar Anak Usia Sekolah Dasar, http://unesa.ac.id, Diakses pada tanggal 30 April 2015

Madematika, 2015, Konversi-Nilai-Kurikulum-2013, http://www.madematika.com, Diakses pada tanggal 22 juni 2016

Mulyaningsih dkk (2014), Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar, http://jurnaldikbud.net, Diakses pada tanggal 30 April 2015

Nurwati, dkk, 2009, Hubungan Antara intek sosial Interaksi Sosial Siswa Dengan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Madrasa Ibtidayah Se Kabupaten Gorontalo, http://digilib.esaunggul.ac.id, Diakses pada tanggal 30 April 2015

Notoatmodjo, 2012, Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, 2012

Parreta, 2009, Makanan untuk otak. Penerbit Erlangga, Jakarta

Riyadi, 2006, Hubungan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Siswa Di Sekolah,http://repository.ipb.ac.id Diakses pada tanggal 30 April 2015

Ristian, 2010, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas Xi Smk N I Punggelan Banjarnegara, http://eprints.ums.ac.id, Diakses pada tanggal 21 November 2015

Sharlin, 2015, Gizi Dalam Daur Kehidupan, EGC, Jakarta

Shadily, 1998, Kamus Bahasa Indonesia, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sulistyoningsih, 2012, Gizi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Graha Ilmu, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Sukiniarti, 2015, Kebiasaan Makan Pagi Pada Anak Usia SD Dan Hubungannya Dengan Tingkat Kesehatan Dan Prestasi Belajar, http://digilib.esaunggul.ac.id, Diakses pada tanggal 18 juni 2016.

Trinto, 2006 SPSS 13.0 Terapan Riset Statstik Parametrik, C.V OFFSET, Yogyakarta.

Wardoyo, Dkk.2003, Hubungan Makan Pagi Dan Tingkat Konsumsi Zat Gizi Dengan Daya Konsentrasi Siswa Sekolah Dasar, http://adln.lib.unair.ac.id/, Diakses pada tanggal 30 April 2015

Waryono, 2010, Gizi Reproduksi, Pustaka Rihama, Yogyakarta

Yunianti, dkk, 2012, Hubungan Kalori Sarapan Dengan Kemampuan Konsentrasi Anak Usia Sekolah Di Sd Negeri 3 Canggu Tahun, http://journal.unair.ac.id/, Diakses pada tanggal 28 November 2015.




Copyright (c) 2017 JOURNAL HEALTH AND NUTRITIONS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Indexed In :

googlelIPIlIPI lIPIlIPI

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah

Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.