HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN, STATUS GIZI DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN PRESTASI AKADEMIK SISWA
Abstract
Academic achievement is a term used to show the results obtained by a person from the learning process in the world of education. Academic performance in Indonesia is still relatively low in the world. According to data from the World Best Countries For Education System in 2020, Indonesia ranks 70th with a quality index of 46.6 and an opportunity index of 42.97 out of 93 countries. The purpose of this study was to analyze the relationship between breakfast habits, nutritional status and education level of parents with academic achievement of MAN 2 students of Bogor Regency. The study was conducted in May 2023 at Madrasah Aliyah Negeri 2 Bogor Regency with a sample of 48 respondents taken by probability sampling. This study used quantitative research methods with a cross sectional design. Data were collected using breakfast habit questionnaires for breakfast habits, Z-score for nutritional status and respondent data for parents education levels. The data was analyzed using the chi square test. The results showed that there was a relationship between breakfast habits (p = 0.001), parental education level (p = 0.000), and there was no relationship between nutritional status (p = 0.516) and student academic achievement. Based on the research results, it was concluded that there was a significant relationship between breakfast habits and parental education level with the respondents academic achievement and there was no significant relationship between nutritional status with academic achievement in students.
Prestasi akademik adalah istilah yang digunakan untuk menunjukan hasil yang didapat seseorang dari proses belajar di dunia pendidikan. Prestasi akademik di Indonesia masih tergolong rendah di mata dunia. Menurut data dari World Best Countries For Education System tahun 2020 Indonesia menempati urutan 70 dengan quality index 46,6 serta opportunity index 42,97 dari 93 negara. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kebiasaan sarapan, status gizi dan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi akademik siswa MAN 2 Kabupaten Bogor. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2023 di Madrasah Aliyah Negeri 2 Kabupaten Bogor dengan jumlah sampel sebanyak 48 responden yang diambil dengan probability sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kebiasaan sarapan untuk kebiasaan sarapan, Z-score untuk status gizi dan data responden untuk tingkat pendidikan orang tua. Analisis data menggunanakan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara kebiasaan sarapan (p-value = 0,001), tingkat pendidikan orang tua (p-value = 0,000), dan tidak terdapat hubungan status gizi (p-value = 0,516) dengan prestasi akademik siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan sarapan dan tingkat pendidikan orang tua dengan prestasi akademik responden dan tidak ada hubungan yang signifikan antara status gizi dengan prestasi akademik pada siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin UW dan Yaco N. 2018. Hubungan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Di Smk Negeri 1 Polewali Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Angewandte Chemie International Edition. 6(11): 951–952.
Angkasa D dan Nadiyah N. 2019. Ibu Berpendidikan Rendah Cenderung Memiliki Anak Lebih Kurus Dibandingkan Ibu Dengan Pendidikan Tinggi. Indonesian Journal of Human Nutrition. 6(1): 53–61.
Astuti P dan Fathonah S. 2019. Pengaruh Aktivitas Fisik Dan Status Gizi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Teknik Unnes Tahun 2019. Teknobuga: Jurnal Teknologi Busana Dan Boga. 7(2): 93–102.
Auliya L and Lazim N. 2020. The Development of Miss PPL (Advanced Microsoft Power Point) Learning Media at Elementary School. Jurnal Pajar. 4(4): 703–714. http://dx.doi.org/10.33578/Pjr.V4i2.8027.
Bahri S dan Ishari N. 2022. View Of Hubungan Tingkat Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Di MTS Negeri Situbondo. Nusantara Journal Of Islamic Studies. 3(2): 97-106.
Fatiha PH dan Widawati W. 2022. Hubungan Status Gizi Dan Kebiasaan Sarapan Dengan Prestasi Belajar Saat New Normal Covid-19 Di SDN 005 Langgini Bangkinang Kota Tahun 2021. Jurnal Kesehatan Tambusai. 3(2): 8–15.
Fauzan A. 2021. Efektifitas Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Discovery Dan Asesmen Essay Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Dan Pemahaman Metakognisi Biologi Siswa Sma Di Kota Bekasi. Bio-Edu: Jurnal Pendidikan Biologi. 6(1): 18–29.
Kemenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Standar Antropometri Anak. Kemenkes RI. Jakarta.
Marvelia R, Kartika R, Dewi H. 2021. Hubungan Sarapan Pagi Dengan Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 4 Kota Jambi Tahun 2020. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 4(1): 198–205.
Masrikhiyah R dan Octora MI. 2020. Pengaruh Kebiasaan Sarapan Dan Status Gizi Remaja Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Gizi dan Kesehatan (JIGK). 2(01): 23–27.
Nurrahmaniah. 2019. Peningkatan Prestasi Akademik Melalui Manajemen Waktu (Time Management) dan Minat Belajar Nurrahmaniah Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Jurnal Pendidikan Islam. 1(1): 149–176.
Rahayu SNK dan Wiarta IW. 2021. Hubungan Tingkat Pendidikan dan Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. 4(2): 308–18.
Rizal A dan Jalpi A. 2022. Penyuluhan Pentingnya Sarapan Pagi Untuk Meningkatkan Status Gizi Dan Prestasi Belajar Pada Siswa Di SDN Handil Bhakti Barito Kuala Tahun 2018. Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen UNISKA MAB, (1).
Darusafa R dan Ramadhan GE. 2022. Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Siswi Kelas XII IPA SMA Negeri 8 Tangerang Selatan Dan Sma Negeri 4 Tangerang Selatan. Sehatmas: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat. 1(2): 183–191.
Rohmah MH. 2019. Hubungan Kebiasaan Sarapan dan Jajan dengan Status Gizi Remaja di SMP Negeri 14 Jember. Disertasi. Program pascasarjana Universitas Jember. Jember.
Safitri N. 2022. Hubungan antara Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa SMA. Best: Jurnal Of Biology Education, Science & Technology. 5(2): 103–108.
Simamora T, Harapan E, Kesumawati N. 2020. Faktor-Faktor Determinan yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan. 5(2): 191-200.
Sunain S. 2017. Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Tingkat Kecerdasan dan Keaktifan Siswa Dari Kelas Satu Sampai dengan Kelas Enam pada Semester I. Pedagogia: Jurnal Pendidikan. 6(2): 160–176.
Tiara SK dan Sari EY. 2019. Analisis Teknik Penilaian Sikap Sosial Siswa Dalam Penerapan Kurikulum 2013 Di SDN 1 Watulimo. Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru. 11(1): 21-30.
DOI: http://dx.doi.org/10.52365/jhn.v10i2.1006
Article Metrics
Abstract view : 50 timesPDF - 24 times
Copyright (c) 2024 JOURNAL HEALTH AND NUTRITIONS
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed In :
Journal Health and Nutritions is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
NOMOR ISSN
ONLINE : 2549-7618
CETAK : 2407-8484