PENATALAKSANAAN DIET DAN PERKEMBANGAN STATUS GIZI BALITA GIZI BURUK DI TFC (Therapeutic Feeding Center) PUSKESMAS TELAGA KABUPATEN GORONTALO TAHUN 2011 – 2013

Imran Tumenggung

Abstract


Salah satu cara untuk menanggulangi masalah gizi kurang dan gizi buruk adalah dengan menjadikan tatalaksana gizi buruk sebagai upaya menangani setiap kasus yang ditemukan. Penanganan kasus balita gizi buruk harus dilakukan dengan serius.
Pusat Pemulihan Gizi atau TFC (therapeutic feeding center) merupakan sarana tempat pelayanan/ penanganan balita gizi buruk yang bertujuan untuk pemulihan dan peningkatan status gizi balita secara intensif dan terintegrasi antara pelayanan medis, nutrisi, dan keperawatan.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan penatalaksanaan diet dan perkembangan status gizi balita gizi buruk yang dirawat di TFC Puskesmas Telaga Kabupaten Gorontalo tahun 2011-2013.
Desain penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Besar sampel 33 balita sesuai kriteria inklusi. Data diperoleh dari status pasien dan wawancara dengan petugas gizi di TFC.
Hasil penelitian diperoleh bahwa penatalaksanaan diet balita gizi buruk yang dirawat inap di TFC telah dilaksanakan berdasarkan pedoman dan disesuaikan syarat dan prinsip diet pada fase-fase stabilisasi, transisi dan rehabilitasi.
Sebagian besar balita yang dirawat mengalami peningkatan berat badan tetapi tidak mengalami peningkatan status gizi karena adanya penyakit penyerta, lamanya hari rawat yang singkat dan perawatan yang tidak tuntas akibat pulang paksa.
Saran untuk pengelola TFC dan petugas gizi Puskesmas untuk mengintensifkan penyuluhan dan konseling kesehatan dan gizi bagi pihak keluarga khususnya orang tua balita gizi kurang dan gizi buruk.

Kata kunci : penatalaksanaan diet, status gizi, balita gizi buruk.

Full Text:

PDF

References


Balitbang Kemenkes RI, 2010, Hasil Riset Kesehatan Dasar 2010, Kemenkes RI, Jakarta.

Dahlia, S, 2012. Pengaruh Pendekatan Positive Deviance Terhadap Peningkatan Status Gizi Balita, Media Gizi Masyarakat Indonesia, Vol.2, No.1, Agustus 2012.

Departemen Gizi dan Kesmas FKM UI, 2007, Gizi dan Kesehatan Masyarakat, PT Raja Gafindo Persada, Jakarta.

Depkes RI, 2006. Buku Bagan Tatalaksana Anak Gizi Buruk, Ditjen Binkesmas, Jakarta.

Kemenkes RI, 2011. Pedoman Pelayanan Anak Gizi Buruk, Kemenkes RI, Jakarta.

Malik, A., 2008. Gizi Buruk Tewaskan 3,5 Juta Balita Per Tahun. www.lifestyle.okezone.com, diakses 10 November 2013

Manary & Solomon, (2009), Aspek Kesehatan Masyarakat pada Gizi Kurang, dalam Buku Gizi Kesehatan Masyarakat (terjemahan Hartono, A.), EGC, Jakarta.

Novitasari. 2012. Faktor-Faktor Risiko Kejadian Gizi Buruk Pada Balita Yang Dirawat di RSUP Dr. Kariadi Semarang, www.undip.ac.id, diakses 8 Januari 2014

Olii, N. 2011. Kepatuhan Ibu Memberi Asupan Gizi Sesuai Instruksi Petugas dan Status Gizi Balita di Therapeutic Feeding Center Kabupaten Gorontalo. Jurnal Health and Sport, Vol. 5 No.1, 2012.

Tumengung, I, 2010. Determinan Status Gizi Anak Balita Keluarga Nelayan di Wilayah Puskesmas Tilote Kabupaten Gorontalo, Jurnal Masyarakat Epidemiologi Indonesia, Vol. 1, No. 3, Jan-Juni 2013.

Zakaria, Hadju, V., Syam, A., (2005). Faktor-faktor Determinan Kejadian Kurang Energi Protein (KEP) pada Anak Umur 6-35 Bulan di Kabupaten Pangkep, MKMI, 2 (I), Unhas Makassar




DOI: http://dx.doi.org/10.52365/jhn.v1i1.10

Article Metrics

Abstract view : 642 times
PDF - 7701 times

Copyright (c) 2017 JOURNAL HEALTH AND NUTRITIONS



Indexed In :

googlePORTAL GARUDAlIPIdimensionslIPIlIPI

Creative Commons License
Journal Health and Nutritions is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

NOMOR ISSN

ONLINE : 2549-7618

CETAK : 2407-8484