Editorial Policies

Focus and Scope

Journal of Non Communicable Diseases (JOND) merupakan jurnal bidang kesehatan yang mempublikasi karya ilmiah tentang penyakit tidak menular (noncommunicable diseases) dalam kajian bidang keperawatan, kebidanan, gizi, farmasi, sanitasi lingkungan serta disiplin ilmu kesehatan lainya. Jurnal yang berada dibawah naungan institusi Poltekkes Kemenkes Gorontalo ini menerbitkan artikel secara reguler 2 kali  dalam satu tahun yakni April dan November. Artikel yang dapat dipublikasi pada jurnal ini dapat berupa hasil penelitian eksperimental di laboratorium maupun penelitian klinis berupa hasil uji klinik, case reportcase seriescohort, dan crossectional mengenai noncommunicable diseases. Selain artikel penelitian, jurnal ini juga menerbitkan karya ilmiah lain berupa hasil pengabdian kepada masyarakat, review artikel, mini review dan Short Communication. Jurnal ini adalah jurnal akses terbuka dan tidak memungut biaya publikasi untuk berlangganan, submisi, dan penerbitan jurnal.

Scope Journal of Non Communicable Diseases (JOND) antara lain  penyakit tidak menular (noncommunicable diseases) dalam kajian bidang keperawatan, kebidanan, gizi, farmasi, sanitasi lingkungan serta disiplin ilmu kesehatan lainya

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Pada Journal of Non Communicable Diseases (JOND), Proses peer-review adalah bagian penting dari proses publikasi, untuk meningkatkan kualitas manuskrip yang diterbitkan jurnal kami. Tinjauan reviewer tidak hanya memberikan penilaian independen tentang pentingnya dan akurasi teknis dari hasil yang dijelaskan, tetapi umpan balik dari pemberi referensi yang disampaikan kepada penulis dengan saran editor untuk menghasilkan manuskrip yang baik sehingga lebih mudah terlihat dan dipahami oleh pembaca.

Naskah yang dikirimkan ke Jurnal akan menjalani tinjauan awal oleh dewan redaksi kami dalam waktu 1-2 minggu untuk memutuskan apakah naskah memenuhi syarat untuk ditinjau atau ditolak. Penilaian kelayakan naskah didasarkan pada format naskah, scope, kebaruan, dan kualitas tulisannya. Semua manuskrip yang lolos penyaringan awal akan ditinjau oleh peer reviewer yang dipilih oleh editor bagian kami sesuai dengan keahlian mereka dalam studi administrasi kesehatan (setidaknya 1-2 orang) dengan kebijakan tinjauan single-blind. Dengan menggunakan kebijakan tinjauan buta tunggal, semua nama penulis akan disembunyikan selama proses peninjauan. Penulis tidak akan mengidentifikasi pengulas naskahnya dan sementara reviewer dapat mengetahui penulis naskah yang sementara direviewnya.

Proses peninjauan akan memakan waktu setidaknya 15-30 hari untuk menyelesaikan putaran pertama. Proses peninjauan dapat melewati lebih dari satu putaran peninjauan jika perlu. Semua revisi yang diminta oleh reviewer dan dewan redaksi akan dikirim ke penulis dan harus diunggah pada waktunya. Keputusan akhir akan diambil oleh pemimpin redaksi berdasarkan rekomendasi dari editor atau section editor dan reviewer. Durasi proses penerimaan naskah akan tergantung pada durasi tanggapan reviewer dan tanggapan penulis. Penjelasan lebih lanjut mengenai proses redaksional dapat dilihat pada bagian sebelumnya.

 

Open Access Policy

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.