Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for JOURNAL HEALTH AND NUTRITIONS?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

Journal Health and Nutritions mengharapkan penulis mengikuti template ini dan mengirimkan naskah yang tertata rapi dengan mengikuti petunjuk yang ada. Naskah bisa ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, dan dikirim online ke https://jurnal.poltekkesgorontalo.ac.id/index.php/JHN/about/submissions#onlineSubmissions

 

Artikel yang dikirimkan kepada redaksi belum pernah dimuat atau tidak sedang diajukan untuk dimuat pada media publikasi lainnya, dibuktikan dengan surat pernyataan penulis yang bisa diunduh di sini download surat pernyataan penulis dan disertakan pada saat online submission. Artikel harus memuat Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Simpulan, serta Daftar Referensi. Artikel ditulis  dalam  Bahasa Indonesia menggunakan jenis huruf  Times New Roman,  font size 12, spasi 1.5, rata kiri kanan,  margin  kiri – kanan – atas – bawah masing-masing  3 cm, menggunakan  kertas ukuran A4 (210 mm x 297 mm). Panjang naskah 8 – 15 halaman, termasuk gambar dan tabel dan mengunakan format 1 kolom.

 

JUDUL:

Halaman judul berisi judul, nama dan institusi penulis serta nama dan alamat penulis korespondensi.

Judul artikel dituliskan dalam bahasa Indonesia dengan huruf kapital. Usahakan judul tidak lebih dari 12 kata dalam bahasa Indonesia. Untuk membuat judul yang ringkas, kata-kata berikut sebaiknya dihindari:  “Studi…”, “Analisis…..”, “Hubungan…", diketik menggunakan jenis huruf Times New Roman-15 point, boldface, Align Left, Sentence case (kecuali untuk penamaan tempat atau singkatan).

 

PENULIS:

Jumlah penulis dalam artikel Journal Health and Nutritions tidak dibatasi, namun demikian perlu mendapat penjelasan siapa yang menjadi penulis sebagai korespondensi dan afiliasi setiap penulis. Nama penulis tidak diperkenakan untuk mencantumkan gelar apapun. Nama penulis diketik menggunakan huruf Times New Roman -13 point, Align Left. Contoh: Afini Umar. Afiliasi penulis menggunakan Numeric Superscript, pengetikan afiliasi menggunakan font Times New Roman-8 point, Align Left dan memuat departemen, fakultas/bidang/jurusan, universitas/institusi, alamat, kota, negara,kode pos, dan e-mail.  Contoh: untuk penulis bernama Afini Umar, maka penulisan afiliasinya adalah: 1.Bagian Gizi, Instalasi Gizi, Rumah Sakit Umum Daerah Otanaha, Gorontalo, Indonesia. E-mail: [email protected]

 

Penulis wajib menyertakan beberapa dokumen penting yaitu Pernyataan Etika Publikasi dan Pernyataan Hak Cipta, sebagai bentuk bagian dari Publication Ethics ke bagian Redaksi Journal Health and Nutritions. Download pernyataan Etika Publikasi dan Hak Cipta, berikut juga dokumen Covering Letter perlu dipersiapkan saat mengajukan manuskrip. Semua diupload pada bagian Suplemetary Article atau dikirimkan ke E-mail: [email protected]

 

ABSTRAK:

Naskah disertai abstract bahasa Inggris dan abstrak bahasa Indonesia dengan bentuk terstruktur (Introduction, Aim, Methode, Result, Conclusion) untuk bahasa Inggris dan bentuk terstruktur (Latar Belakang, Tujuan, Metode, Hasil, Kesimpulan) untuk bahasa Indonesia. Abstract menggunakan Times New Roman-10 point format Italic, kurang dari 200 kata. Penulisan abstrak tidak dianjurkan menggunakan acuan atau referensi. Pada setiap abstrak diakhiri dengan maksimal lima kata kunci/keyword dari naskah. Kata kunci/keyword ditulis menurut abjad dan menggunakan Sentence case dan antar kata di batasi dengang titik koma (;) contoh: Balita; stunting; gizi; makanan.

 

PENDAHULUAN:

Bagian pendahuluan harus menjelaskan latar belakang, tujuan, ringkasan studi literature primer (bersifat mutakhir) yang telah dilakukan dan menjadi penting disampaikan gap yang terjadi antara penelitian terdahulu dengan penelitian yang diajukan dalam naskah. Penjelasan dalam naskah/artikel harus spesifik mengapa topik yang diajukan penting untuk dipublikasikan, dan kontribusi naskah terhadap gizi dan kesehatan masyarakat. Termasuk keterbaruan atau novelty naskah yang diajukan. Pada bagian akhir dianjurkan untuk merumuskan tujuan penelitian secara umum.

 

METODE PENELITIAN:

Journal Health and Nutritions dalam penyampaian metode harus bisa menjelaskan bagaimana metode penelitian atau percobaan telah dilakukan. Peneliti menjelaskan desain yang digunakan, peralatan, metode pengumpulan data dan pengolahannya, dan jenis statistik  yang digunakan dalam melakukan analisis hipotesis. Jika penelitian dilakukan di alam, maka penulis menggambarkan daerah penelitian, lokasi, dan juga menjelaskan pekerjaaan yang dilakukan.  Bagian ini harus memaparkan secara rinci dan jelas, bagaimana penelitian dilakukan sampai tahap interpretasi.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN:

Pada Bagian Hasil, penulis harus bisa menyajikan data yang ringkas dengan tinjauan menggunakan teks naratif, tabel, atau gambar. Ingat hanya hasil yang disajikan, tidak ada interpretasi data atau kesimpulan dari data dalam bagian ini. Data yang dikumpulkan dalam tabel/gambar harus dilengkapi teks naratif dan disajikan dalam bentuk yang mudah dimengerti. Jangan ulangi secara panjang lebar data yang telah disajikan dalam tabel dan gambar. Bisa dilihat pada Template Penulisan.

Selanjutnya disertakan pembahasan setelah penyampaian hasil pada setiap Sub-Bab. Pembahasan harus menafsirkan data dengan pola yang diamati. Pembahasan terhadap hubungan antar variabel dapat disampaikan secara jelas. Penulis wajib menyertakan penjelasan yang berbeda dari hipotesis atau hasil yang berbeda atau serupa dengan setiap hasil penelitian atau temuan terkait yang pernah dilakukan oleh peneliti lain. Setiap hasil tidak selalu harus menunjukkan hasil signifikan, namun hasil yang negatif juga perlu dijelaskan dan mungkin merupakan sesuatu yang penting untuk diubah dalam naskah penulis.

 

SIMPULAN:

Bagian sub-bab kesimpulan merupakan pernyataan singkat dan tepat yang dijabarkan dari hasil penelitian dan pembahasan untuk membuktikan kebenaran hipotesis, dengan kata lain bagian ini merupakan jawaban dari tujuan khusus sebuah penelitian. Kesimpulan tidak mencantumkan lagi hasil analisis berupa angka-angka, dan ditulis dalam bentuk paragraf bukan dalam bentuk poin numbering atau bullet.

Selanjut, penting disampaikan saran pada bagian ini. Saran yang disampaikan harus berupa kebijakan dan upaya yang praktis pemecahan masalah yang dihadapi berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian.

 

DAFTAR REFERENSI:

Penulisan kepustakaan memakai sistem atau gaya penulisan kepustakaan Harvard-APA Style sesuai dengan urutan abjad pada penampilan, sangat disarankan penggunaan Reference Manager, seperti Mendeley, EndNote, dan lainnya Penulis wajib menggunakan tools Reference Management software (Mendeley, Zotero, Endnote dan lainnya). Contoh penulisan kepustakaan dapat dilihat pada point Daftar Referensi yang terdapat pada Template Penulisan.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Bebas Plagiat
  2. Naskah tidak dimuat di jurnal lain
  3. Panjang abstrak bahasa indonesia dan bahasa inggiris masing-masing tidak lebih dari 300 kata dan harus dicantumkan kedia abstrak tersebut saat submit
  4. Jumlah total tabel dan gabar tidak melibihi 7 buah
  5. Panjang naskah maksimal 5000 kata (tidak termasuk abstrak, tabel/gambar, dan referensi/daftar pustaka)
  6. Referensi menggunakan sistem Harvard
  7. Gaya penulisan mengikuti persyaratan yang di uraikan pada pedoman penulisan Jurnal Health and Nutrition
  8. File dikirim dalam bentuk Microsoft Word (doc,docx)
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.