Pengaruh Edukasi Bantuan Hidup Dasar dengan Media Booklet dan Roleplay terhadap Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa

Diyanah Syolihan Rinjani Putri, Novia Eka Nanda

Abstract


Hilangnya fungsi jantung secara tiba-tiba, atau henti jantung, sebagian besar disebabkan oleh kerusakan pada sistem kelistrikan jantung. Bantuan Hidup Dasar(BHD) adalah salah satu metode penanganan henti jantung. BHD adalah perawatan cepat yang diberikan kepada korban henti jantung. Pada penelitian ini digunakan media roleplay dan booklet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan kemampuan siswa dipengaruhi oleh instruksi bantuan hidup dasar yang disampaikan melalui booklet dan media roleplay. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain predan post test tanpa kontrol. Mahasiswa semester dua Universitas Kusuma Husada yang belum pernah mengambil mata kuliah BHD berpartisipasi dalam penelitian ini. Purposive sampling digunakan untuk memilih 74 responden dari populasi penelitian yang berjumlah 209 orang. Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berkaitan dengan BHD dan kuesioner tingkat pengetahuan digunakan dalam proses pengumpulan data. Metode analisis uji Wilcoxon digunakan dalam penelitian ini. Uji Wilcoxon digunakan untuk mengevaluasi dampak dari tingkat keterampilan dan pengetahuan. H0 diterima karena analisis bivariat menggunakan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa p = 0,000 < α = 0,05. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan dan kemampuan siswa dipengaruhi oleh instruksi bantuan hidup dasar yang disampaikan melalui booklet dan media roleplay.

Sudden loss of heart function, or cardiac arrest, is mostly caused by damage to the heart's electrical system. Basic Life Support (BLS) is one method of treating cardiac arrest. BLS is the prompt treatment provided to victims of cardiac arrest. In this study, roleplay and booklet media were employed. The purpose of this study is to ascertain how students' knowledge and abilities are affected by basic life support instruction delivered through booklets and role-playing media. This study is a quasi-experiment that uses a control-free pre- and post-ttest design. Students from Kusuma Husada University's second semester who had never taken a BLS course participated in the research. Purposive sampling was used to select 74 respondents from the study's population of 209 individuals. Standard Operational Procedures (SOP) pertaining to BLS and a knowledge level questionnaire were employed in the data collection process. The Wilcoxon test analysis method is applied in this study. The Wilcoxon test is employed to evaluate the impact of skill and knowledge levels. H0 is accepted because bivariate analysis using the Wilcoxon test reveals that p = 0.000 <α = 0.05. The study's findings indicate that students' levels of knowledge and abilities are impacted by basic life support instruction delivered through booklets and role-playing media.

Keywords


BHD; booklet; roleplay; tingkat pengetahuan; keterampilan

Full Text:

PDF

References


American Heart Association. 2020. Highlights of the 2020 American Heart Association Guidelines for CPR and ECC. American Heart Association. America. https://cpr.heart.org/-/media/cpr-files/cpr-guidelines-files/highlights/hghlghts_2020_ecc_guidelines_english.pdf.

BPTP Balitbang Jambi. 2014. Media Cetak: Litbang Pertanian Jambi. Jambi. https://jambi.libang.pertanian.go.id/ind/index.php/publikasi/media-cetak/booklet-a-buku-saku.

Dewa, Nyoman & Putu, 2020. Media Pendidikan Kesehatan. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Dharma, Kelana Kusuma. 2015. Metodologi Penelitian Keperawatan, Panduan Melaksanakan Dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.

Diklat Yayasan Ambulans Gawat Darurat 118. 2009. Basic Trauma Life Support & Basic Cardiac Life Support. Jakarta: Yayasan Ambulans Gawat Darurat 118.

Dinas Kesehatan Jawa Tengah. 2020. Profil Kesehatan Jawa Tengah. Jawa Tengah: Dinas Kesehatan Jawa Tengah.

Dindler, Christian, Rachel Smith, and Ole Sejer Iversen. 2020. “Computational Empowerment: Participatory Design in Education.” CoDesign 16 (1): 66–80. https://doi.org/10.1080/15710882.2020.1722173.

Donsu, Jenita Doli Tine. 2017. Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Erika, L., & Karim, U. N. (2018). Pelatihan Meningkatkan Keterampilan Caregiver dalam Melakukan Bantuan Hidup Dasar (BHD) di Universitas Binawan Jakarta Timur. Journal Human Resources 24/7. Abdimas: Abdimas, 1(2), 5-10.

Hady, Simunati, Ramlah Harianni, and Yakub. 2020. “Pengaruh Metode Role Play terhadap Peningkatan Keterampilan dalam Menolong Korban Tenggelam pada Masyarakat Pesisir di Desa Tamasaju Kabupaten Takalar.” E-Journal Poltekkes Makassar 11 (2).

Haliza, Ria Nur, and Rizka Fibria Nugrahani. 2021. “Metode Role Play terhadap Kepercayaan Diri Siswa.” Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi 1 (2): 133–42. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i2.850.

Harma, Y. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi tejadinya Skabies pada Santriwati Pondok Pesantren Sallafiyah Miftahu Nurul Huda Magetan. Biomedika, 10(2), 115–119.

Irfan, Caturing Ayu Pali, and Yoany Maria Aty. 2019. “Pengaruh Edukasi tentang RJP menggunakan Media Audio Visual terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa.” Jurnal Keperawatan 63-70.

Irham, M, and N.A Wiyani. 2013. Psikologi Pendidikan, Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Irwanti, Feby. 2021. “Hubungan Komunikasi Efektif dengan Pelaksanaan Budaya Keselamatan Pasien di Rsud Raden Mattaher Provinsi Jambi Tahun 2021.” S1 thesis, Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.

Irham, Muammad dan Novan Ardi Wiyani. 2014. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Kushayati, Nuris, Ninik Murtiyani, and Hartin Suidah. 2020. “Transfer Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pertolongan Kegawatdaruratan pada Tatanan Keluarga.” Journal of Community Engagement and Employment 2 (2): 151–56. http://ojs.iik.ac.id/index.php/JCEE.

Lin, Xin. 2019. “Review of Knowledge and Knowledge Management Research.” American Journal of Industrial and Business Management 09 (09): 1753–60. https://doi.org/10.4236/ajibm.2019.99114.

Mayasari, Ovita, RR Sri Ratna Rahayu, Ari Yuniastuti, Kelud Utara, and Kampus Pascasarjana Unnes Sampangan Semarang. 2020. “The Distinction Influence of Booklet and Audiovisual Health Promotion Media on Knowledge and Attitude of Prospective Bridegroom About Prevention of HIV/AIDS Invention in Religious Affairs Office of North Semarang.” Public Health Perspectives Journal 5 (1): 2020–67. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/phpj.

Mustika, M., Asra, R., & Anggereini, E. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing Dan Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Negeri 6 Kerinci.” Biodik, 7(4), 77-83.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nurul, Qiyam. 2020. "Perbandingan Pengaruh Edukasi Melalui Layanan Pesan Singkat dan Booklet terhadap Kepatuhan Pasien Diabetes Melitus." Jurnal Ilmiah Ibnu Sina 44-50.

Pei-Chuan Huang, Edward, Wen Chu Chiang, Ming Ju Hsieh, Hui Chih Wang, Chih Wei Yang, Tsung Chien Lu, Chih Hung Wang, et al. 2019. “Public Knowledge, Attitudes and Willingness Regarding Bystander Cardiopulmonary Resuscitation: A Nationwide Survey in Taiwan.” Journal of the Formosan Medical Association 118 (2): 572–81. https://doi.org/10.1016/j.jfma.2018.07.018.

Priosusilo, Abdillah Pujo. 2020. “Pengaruh Pemberian Pelatihan Bantuan Hidup Dasar terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan pada Siswa Smkn 1 Geger Madiun.” Stikes Bhakti Husada Mulia.

RISKESDAS. 2018. “Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Departemen Kesehatan Republik Indonesia.” Jakarta.

Robbins, Stephen P., and Timothy A. Judge. 2018. Organizational Behavior. Jakarta: Salemba Empat.

Safitri, Novita Indriyani, Wahyu Rima Agustin, and Maria Wisnu Kanita. 2020. “Pengaruh Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Metode Simulasi terhadap Keterampilan Siswa di Smk Asta Mitra Purwodadi.” Universitas Kusuma Husada Surakarta.

Safitri, Nurul Qomariah Laili, and Rebecha Prananta. 2023. “Tahapan Pembuatan E-Booklet Sebagai Media Informasi Objek Wisata Kedung Kandang di Desa Wisata Nglanggeran.” E-Sospol 9 (4): 393. https://doi.org/10.19184/e-sospol.v9i4.36929.

Saied, Shimaa M., and Hanaa Zayed. 2020. “Assessment of Basic Life Support Knowledge Among Nursing Professionals.” Egyptian Journal of Occupational Medicine 44 (1): 455–70. https://doi.org/10.21608/ejom.2020.67630.

Sri Karyono, P., Hans, I. J. Z. A., & Jayadi, M. M. 2018. “Pengaruh Motivasi, Kepribadian Dan Kecerdasan Adversitas terhadap Kinerja Personel Pusada Baranahan Kemhan.” Doctoral dissertation, Yayasan IPWIJA.

Supardi. 2019. Teori Kinerja Gurudan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sylviana, Erika, Edi Sukamto, and Gajali Rahman. 2018. “Pengaruh Penkes terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Bantuan Hidup Dasar pada Siswa Keperawatan Tingkat 2 di SMK Medika Samarinda Tahun 2017.” Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan 4 (6): 368. https://doi.org/10.35963/hmjk.v4i6.139.

Taamu, Taamu, Nurjannah - Nurjannah, and Fitri - Wijayanti. 2020. “Penggunaan Buku Saku sebagai Media untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Mencuci Tangan Anak.” JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang) 15 (2): 80–87. https://doi.org/10.36086/jpp.v15i2.556.

Takwin, Bagus. 2008. “Menjadi Mahasiswa.” http://bagustakwin.multiply.com/journal/item/18/Menjadi_Mahasiswa.

Turambi, D. E., Kiling, Maykel., & Supit. (2019). Effect of Basic Life Training Assistance (BHD) to Increase Knowledge and Skills Students of SMA Negeri 2 Langowan, Volume 6 (2).

Zayed, M. H., Watts, B. V., Llewellyn-Thomas, H., & Schnurr, P. P. (2016). Understanding and Meeting Information Needs for Patients with Posttraumatic Stress Disorder. BMC psychiatry, 16, 1-7.

Zulfa, Zara Nakhwatuz. 2020. “Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kala Indah Prima.” Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.




DOI: http://dx.doi.org/10.52365/jond.v4i1.900

Article Metrics

Abstract view : 212 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed in: