Hubungan Tugas Keluarga Dengan Keteraturan Berobat Penderita Hipertensi

Novalina Bakari

Abstract


Latar belakang: Tekanan darah tinggi atau hipertensi disebut juga pembunuh diam-diam (silent killer) karena pada sebagian kasus, tidak menunjukan gejala apapun.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tugas keluarga dengan keteraturan berobat penderita hipertensi.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian Cross Sectional dengan menggunakan uji statistik Chi Square. Variabel bebas penelitian adalah tugas keluarga dan variabel terikat adalah keteraturan berobat. Sampel untuk penelitian ini adalah 34 responden penderita hipertensi. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Hasil analisa data dengan menggunakan uji statistik Chi Square.

Hasil: Hasil analisa data dengan menggunakan uji statistik Chi Square telah diperoleh nilai X2 hitung sebesar 18,2 besar dari X2 tabel dengan nilai p = 0,000 (<0,05) dengan menggunakan df 1, ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat dilihat bahwa ada hubungan yang signifikan antara tugas keluarga dengan keteraturan berobat penderita hipertensi

Kesimpulan: Kesimpulan bahwa keteraturan berobat dipengaruhi oleh peran dan tugas keluarga.


Keywords


Tugas Keluarga, Keteraturan Berobat, Hipertensi.

Full Text:

PDF

References


Ahsan,dkk, 2018, Hubungan Pelaksanaan Tugas Keluarga Dalam Kesehatan Dengan Kemandirian Lansia Dalam Pemenuhan Aktivitas Sehari-Hari, fakultas keperawatan fakultas kedokteran universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.

Andarmoyo Sulistyo, 2012, KEPERAWATAN KELUARGA Konsep Teori, Proses dan Praktik Keperawatan, Graha Ilmu,Yogyakarta.

Andra saferi Wijaya s,Kep,dkk, 2013, KMB 1 Keperawatan Medikal Bedah Teori dan Contoh Askep, Nuha Medika, Yogyakarta. http://www.depkes.go.id/article/view/18051600004/hipertensi-membunuh-diam-diam-ketahui-tekanan-darah-anda.html

Idris Fachmi, 2014, Panduan Praktis PROLANIS dalam BPJS Kesehatan, Jakarta.

Jhonson R-Leny R, 2010, Keperawatan Keluarga Plus Contoh Askep Keluarga, Nuha Medika,Yoyakarta.

Klabunde Richard E, 2015, Konsep Fisiologis KARDIOVASKULER, EGC, Jakarta.

Kurniawan Indra,dkk, 2018, Gambaran Pelaksanaan Tugas Kesehatan Keluarga Pada Keluarga Yang Memiliki Lansia Hipertensi Di Desa Glagahwero Kecamatan Panti Kabupaten Jember, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember.

Mangendai Yulike dkk, 2017Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Berobat Pada Pasien Hipertensi Di Puskesmas Ranotana Weru Email : yulike.mangendai@gmail.com, Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi, Manado.

Muhamad Ardiyahnsah, 2012, MEDIKAL BEDAH untuk Mahasiswa, Diva Press, Jogjakarta.

Notoatmojo Soekidjo, 2012, METODOLOGI PENELITIAN KESEHATAN, Rineka Cipta, Jakarta.

Nurarif Amin Huda & Kusuma Hardhi, 2015, APLIKASI ASUHAN KEPERAWATAN BERDASARKAN DIAGNOSA MEDIS & NANDA NIC-NOC, Mediaction Jogja, Jogjakarta.

Oktowaty Susi,dkk, 2018. Hubungan fungsi keluarga dengan kualitas hidup pasien penyakit kronis degeneratif di fasilitas kesehatan tingkat pertama Email :ytawotkoisus@yahoo.co,Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Bandung.

Purnamasari Vivien, 2017. Pengetahuan dan persepsi peserta prolanis dalam menjalani pengobatan di puskesmas Email: vinyd3@gmail.com, Fakultas Ilmu Kesehatan, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, Kediri.

Raihan, dkk,2014. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Hipertensi Primer Pada Masyarakat Di Wilayah Kerja Puskesmas Rumbai Pesisir Emal: lailatun.najmi@ymail.com, Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Riau, Riau.

Riyadi sujono S.kep,M.kes, 2011, Keperawatan Medical Bedah , pustaka pelajar, Yogyakarta.

Robert E. Kowalski (2010). Terapi HIPERTENSIProgram 8 Minggu Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dan Mengurangi Risiko Serangan Jantung Dan Stroke Secara Alami, Mizan Pustaka, Bandung.

Septiana Yepita, 2015, Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Keteraturan Minum Obat Pada Pasien Tb Paru Di Bp4 Yogyakarta, skripsi, program studi ilmu keperawatan sekolah tinggi ilmu kesehatan ‘aisyiyah, Yogyakarta.

Siti magfiroh Novebriani (2014). Hubungan Tugas Kesehatan Keluarga Dengan Kejadian Hipertensi Berulang Pada Lansia Di Padukuhan Karang Tengah Nogotirto Gamping Sleman Yokyakarta, skripsi, ilmu keperawatan sekolah tinggi ilmu kesehatan Aisyiyah yokyakarta.

Sugiyono, 2016, STATISTIKA UNTUK PENELITIAN, Alfabeta, Bandung.

Suma Rifka, 2018, Hubungan Kebiasaan Merokok Dengan Kejadian Hipertensi Pada Laki-Laki Usia 45 Tahun Keatas Di Wilayah Kerja Puskesmas Kota Gorontalo, Skripsi, DIV Keperawatan, Poltekkes Gorontalo.

Williams Lippincott & Wilkins, 2011, KAPITA SELEKTA PENYAKIT dengan Implikasi Keperawatan, EGC, Jakarata.

Wirawan I Made ,dkk, 2017, Hubungan Keaktifan Mengikuti Program Pengelolaan Penyakit Kronis Dengan Kepatuhan Minum Obat Dan Penurunan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Anggota Prolanis Puskesmas di Kabupaten Tabanan, Universitas Udaya, Denpasar.

Yohanes dion,dkk, 2013, ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA Konsep dan Praktik, Nuha Medika, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.52365/jnc.v8i1.438

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 12 times

Copyright (c) 2022 Nova Bakari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed in:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Support By:


Editorial Office :
Department of Nursing, Poltekkes Kemenkes Gorontalo Gorontalo
Taman Pendidikan Street, Moodu, Indonesia 96113
email: JNC@poltekkesgorontalo.ac.id