Hubungan Perilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Hemodialisis Di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta

Eni Indah Sari, Edy Suprayitno

Abstract


Latar belakang: Perilaku caring perawat adalah sikap peduli terhadap pasien dengan memberikan perhatian kepada pasien. Perilaku caring merupakan hal yang penting yang dapat meningkatkan derajat kesehatan pasien dan terjalin hubungan interpersonal antara perawat dan pasien. Perilaku caring perawat sangat berhubungan erat dengan pengelolaan pasien gagal ginjal kronik karena perilaku caring perawat dapat meningkatkan kepuasan pasien hemodialisis, Salah satu upaya untuk meningkatkan kepuasaan pasien hemodialisis adalah perilaku caring.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien hemodialisis.

 Metode: Metode penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode pendekatan cross sectional. Teknik sampel pada penelitian ini adalah teknik accidental sampling dengan jumlah 68 responden, menggunakan instrument kuesioner.

Hasil: uji korelasi sperman rank diperoleh nilai r hitung sebesar 0,675 dengan signifikasi 0,000, maka dapat dsimpulkan bahwa terdapat hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien keeratan hubungan adalah kuat dengan arah hubungan positif

Kesimpulan: Terdapat hubungan perilaku caring perawat terhadap kepuasan pasien di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Perawat dapat mempertahankan perilaku caring kepada pasien hemodialisis.


Keywords


Perilaku Caring Perawat; Kepuasan Pasien; Hemodialisis

Full Text:

PDF

References


Ambarika. 2021. “Analisis Hubungan Perilaku Caring Dengan Tingkat Kepuasan Pelayanan Kesehatan.” The Indonesian Journal of Health Science 13(1): 53–60.

Andrianti. 2022. “Saran Pihak Membuat Program Pelatihan Untuk Meningkatkan Pengarhuan Dan Perilaku Caring Perawat Sehingga Tingkat Kepuasan Meningkat. Kata Kunci : Caring, Kepuasan.” Nursing Journal 2.

Anisa, Haratul. 2019. “Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Rsup Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.” Jurnal Kesehatan Vokasional: 8–9. http://eprints.ums.ac.id/21823/.

Dewi. 2018. “Gambaran Perilaku Caring Perawat Di Ruang Paviliun Dan Ruang Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember.” Skripsi: Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/82813.

Duffy. 2016. Springer Publishing Company Caring in Nursing. An Essential Resource. http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=cin20&AN=2009304936&site=ehost-live.

Hartanti. 2022. “The Effect of Service Quality Dimensions on Hemodialysis Patient Satisfaction in Indonesia.” Indonesian Journal of Health Administration 10(1): 50–59.

Hidayati, Nurlaili. 2022. “Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Tingkat Kepuasaan Pasien.” Jurnal Endurance 2(June): 1–13.

Humas. 2023. “Presentase Kepuasan Pelanggan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta.” https://simrs.pkujogja.com/.

Langingi, Ake. 2022. “Hubungan Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien.” Jurnal Sains dan Kesehatan 1(2): 1–6.

Lantang, Witha Alfriani, Lamri B, and Lukman Nulhakim. 2023. “The Relationship between Nurse’s Caring Behavior and Inpatient Satisfaction Level in Tepian Baru Puskesmas Blud, East Kutai District.” Formosa Journal of Science and Technology 2(9): 2571–82.

Napitu, Januarizkah. 2020. “Pengaruh Perencanaan Keperawatan Terhadap Kepuasan Pasien.” Osf.Io/Xswpq/ 1(1).

Nursalam. 2018. “Metodologi Penelitian.” Jakarta: Salemba Merdeka: 172–91.

Pratiwi. 2022. Universitas Ngudi Waluyo S1 Keperawatan, Fakultas Kesehatan Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Klinik Rawat Inap Sari Medika Ambarawa. http://eprints.unw.ac.id/2913/%0Ahttp://eprints.unw.ac.id/2913/6/BAB 1 PDF - Fransisca Widya pratiwi.pdf.

Ramadhanty. 2019. “Hubungan Prilaku Caring Perawat Terhadap Kepuasaan Pasien Hemodialisa Di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta 2019.” http://digilib.unisayogya.ac.id/.

Risaldy. 2018. “Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Loyalitas Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Tk.IV Kota Madiun 2018.” : 1–26.

Riyadi. 2020. “Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasaan Pasien Rawat Inap Di Rsu Amanah Sumpiuh.” Jurnal Kesehatan Samodra Ilmu 11(1): 57–66.

Sim, Jenny et al. 2019. “A Psychometric Analysis of the Caring Assessment Tool Version V.” Nursing Open 6(3): 1038–46.

Suweko, Hadi, and Bambang Edi Warsito. 2019. “Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepuasan Pasien Diruang Rawat Inap : Literatur Review.” Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan 10(1): 243.

Syafitri, Yusrita et al. 2022. “Pengaruh Perilaku Caring Perawat Terhadap Peningkatan Kualitas Hidup Pasien Gagal Ginjal Kronik Di Ruang Hemodialisa Rumah Sakit Royal Prima Medan.” Malahayati Nursing Journal 4(9): 2399–2409.

Ulfah. 2020. “Hubungan Perilaku Caring Perawat Dengan Kepatuhan Minum Obat Pasien Hipertensi Di Ruang Penyakit Dalam Wanita Di Rsud Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Tahun 2020.” Skripsi: 1–139.




DOI: http://dx.doi.org/10.52365/jnc.v10i2.1256

Article Metrics

Abstract view : 20 times
PDF - 11 times

Copyright (c) 2024 eni indah sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed in:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Support By:


Editorial Office :
Department of Nursing, Poltekkes Kemenkes Gorontalo Gorontalo
Taman Pendidikan Street, Moodu, Indonesia 96113
email: JNC@poltekkesgorontalo.ac.id