Media Video terhadap Praktik Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal

Nurul Aziza Ath Thaariq, Erwani Erwani

Abstract


Pandemi COVID-19 di Indonesia memberikan dampak signifikan pada aspek pendidikan, yaitu diberlakukannya sistem pembelajaran daring pada semua proses pembelajaran. Pendidik dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online). Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian dilaksanakan pada Mei-Juni 2021. Subjek penelitian adalah mahasiswa Kebidanan yang berjumlah 56 mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan mendeskripsikan hasil dari instrumen yang telah dibagikan. Hasil penelitian menunjukkan persepsi mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran video pada pembelajaran praktikum adalah sebagian besar mahasiswa sangat setuju (76,8%) media pembelajaran video efektif digunakan dalam pembelajran praktikum MK Kegawatdaruratan Maternal dan Neonatal. Sebagian besar mahasiswa sangat setuju media video mempermudah dalam memahami materi, menambah kemampuan dalam memahami keterampilan klinik, menambah motivasi belajar, mempermudah dalam mempelajari praktek klinik, memberikan kemudahan dalam mendapatkan materi, serta penggunaannya fleksibel. Upaya perbaikan dan pengembangan media pembelajaran praktikum perlu dipersiapkan oleh dosen dan mahasiswa sebagai upaya untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.

Keywords


Learning Media, Practicum, Video

Full Text:

PDF

References


Aeni, N., & Yuhandini, D. S. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Video Dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Care : Jurnal Ilmiah Ilmu Kesehatan, 6(2), 162. https://doi.org/10.33366/cr.v6i2.929

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 4(1), 80–86.

Anwar, E. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial pada Mata Kuliah Mekanika Tanah.

Fitriani Dwiana, S., Eko, G. P., & Dkk. (2019). Penyuluhan Anemia Gizi Dengan Media Motion Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri. Jurnal Kesehatan, 11(1), 97–104.

Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, 1–7. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/

Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi. (2016). Penyusunan Kurikulum Pendidikan Vokasi. Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Meilinawati, E., Budihartini, S., Khusniyati, E., Purwati, H., & Yanti, A. D. (2019). Pemilihan Metode Kontrasepsi Pada Ibu Pasca Bersalin Berdasarkan Media Informasi yang Digunakan Dalam Konseling. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan ISSN, 2(1), 16–25.

Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), (2020).

Nguyen, T. (2015). The Effectiveness of Online Learning: Beyond No Significant Difference and Future Horizons. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 11(2), 309–319.

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98.

Parlindungan, D. P., Mahardika, G. P., & Yulinar, D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di SD Islam An-Nuriyah. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Pramitasari, A., Indriana, Y., & Ariati, J. (2019). Hubungan antara Persepsi terhadap Metode Pembelajaran Konstektual dengan Motivasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Pangkalan Kerinci, Riau. Jurnal Psikologi UNDIP, 9(1), 92–102.

Ribawati, E. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 1(134–135).

Sadiman, A., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2012). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatan. PT Raja Grafindo Persada.

Sari, Y. D. K., Chamisijatin, L., & Santoso, B. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas IV dengan Model Demonstrasi Didukung Media Video Pembelajaran di SDN 1 Sumbersari Kota Malang. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2), 156–163. https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3181

Sudaryanto, D. H. (2012). Proses Pembelajaran Melalui Media Elektronik (e-Learning). Forum Diklat, 02(1), 66–71.

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209–221. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covid-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Paedagogy, 7(3), 210–215. https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732

Sutirman. (2013). Media dan Model-model Pembelajaran Inovatif. Graha Ilmu.

Tindoan, R. (2018). Pengaruh Komunikasi, Informasi Dan Edukasi (Kie) Melalui Media Leaflet Dan Video Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Paparan Pornografi Di Smp Negri 1 Sidamanik Kec.Sidamanik Kab. Simalunggin Tahun 2016. Jumantik, 3. No.1(1), 44–64.

Hidayatno, A., Zulkarnain, Hasibuan, R. G., Wardana Nimpuno, G. C., & Destyanto, A. R. (2019). Designing a serious simulation game as a learning media of sustainable supply chain management for biofuel production. Energy Procedia, 156(September 2018), 43–47. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2018.11.083

Sundgaard, J. V., Harte, J., Bray, P., Laugesen, S., Kamide, Y., Tanaka, C., Paulsen, R. R., & Christensen, A. N. (2021). Deep metric learning for otitis media classification. Medical Image Analysis, 71. https://doi.org/10.1016/j.media.2021.102034

Eismann, K., Posegga, O., & Fischbach, K. (2021). Opening organizational learning in crisis management: On the affordances of social media. The Journal of Strategic Information Systems, 30(4), 101692. https://doi.org/10.1016/j.jsis.2021.101692

Santos, J. M., & Castro, R. D. R. (2021). Technological Pedagogical content knowledge (TPACK) in action: Application of learning in the classroom by pre-service teachers (PST). Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100110. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100110

Șerban, O., Thapen, N., Maginnis, B., Hankin, C., & Foot, V. (2019). Real-time processing of social media with SENTINEL: A syndromic surveillance system incorporating deep learning for health classification. Information Processing and Management, 56(3), 1166–1184. https://doi.org/10.1016/j.ipm.2018.04.011

Vermeer, S. A. M., Araujo, T., Bernritter, S. F., & van Noort, G. (2019). Seeing the wood for the trees: How machine learning can help firms in identifying relevant electronic word-of-mouth in social media. International Journal of Research in Marketing, 36(3), 492–508. https://doi.org/10.1016/j.ijresmar.2019.01.010

Meyer, O. A., Omdahl, M. K., & Makransky, G. (2019). Investigating the effect of pre-training when learning through immersive virtual reality and video: A media and methods experiment. Computers and Education, 140(June), 103603. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103603

Costache, O., Becker, E., Staub, F., & Mainhard, T. (2020). Erratum to “using uncertainty as a learning opportunity during pre-lesson conferences in the teaching practicum” (Teaching and Teacher Education (2019) 86, (S0742051X18322558), (10.1016/j.tate.2019.102890)). Teaching and Teacher Education, 89, 103003. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.103003




DOI: http://dx.doi.org/10.52365/jm.v7i1.309

Article Metrics

Abstract view : 614 times
PDF - 141 times

Copyright (c) 2021 Nurul Aziza Ath Thaariq, Erwani Erwani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:
Jurusan Kebidanan
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Gorontalo
Jalan Taman Pendidikan, Kelurahan Moodu, Kecamatan Kota Timur, Gorontalo, Provinsi Gorontalo
Tel. (0435)827182, Fax. (0435)827182
email: [email protected]
Support By: