PENGARUH TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM TERHADAP PENURUNAN NYERI HAID (DISMENOREA) PADA REMAJA PUTRI DI SMA NEGERI 3 KOTA GORONTALO

Wirdawaty Adam

Abstract


Nyeri haid (Dismenorea) adalah rasa sakit yang menyertai menstruasi sehingga dapat menimbulkan gangguan pekerjaan sehari-hari yang nyerinya mulai dari yang nyeri ringan, sedang dan berat. Penanganan untuk nyeri haid dapat dilakukan dengan cara melakukan teknik relaksasi nafas dalam.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas dalam terhadap Penurunan Nyeri Haid (Dismenorea) pada remaja putri di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian Pre Experimental Design. Dengan pendekatan the one-group pra-post test design. Jumlah responden sebanyak 27 orang, yang diobservasi sebelum dan sesudah dilakukan tindakan teknik relaksasi nafas dalam. Penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling, menggunakan kriteria inklusi dengan sampel yaitu remaja yang mengalami nyeri haid (dismenorea) pada 12 jam pertama dari masa haid, remaja yang tidak mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri serta yang tidak memiliki riwayat penyakit gynekologi (Kista dan Mioma Uteri). Variabel bebas yaitu Teknik relaksasi nafas dalam dan variabel terikat adalah nyeri haid (dismenorea).
Hasil penelitian berdasarkan analisis uji Paired t-Test dengan derajat kemaknaan α = 0,05 didapatkan hasil ada pengaruh teknik relaksasi nafas dalam terhadap penurunan nyeri haid (dismenorea) pada remaja putri di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo dengan perolehan nilai hasil nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 dengan nilai α = 0.05 = (0,000 < 0,05%). Ada Pengaruh Teknik Relaksasi Nafas Dalam terhadap penurunan nyeri haid pada remaja putri di SMA Negeri 3 Kota Gorontalo.

Keywords


Teknik Relaksasi Nafas Dalam, Nyeri Haid (Dismenorea)

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.52365/jm.v2i1.150

Article Metrics

Abstract view : 543 times
PDF - 57 times

Copyright (c) 2018 JOURNAL MIDWIFERY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Publisher:
Jurusan Kebidanan
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Gorontalo
Jalan Taman Pendidikan, Kelurahan Moodu, Kecamatan Kota Timur, Gorontalo, Provinsi Gorontalo
Tel. (0435)827182, Fax. (0435)827182
email: [email protected]
Support By: